Rabu, 04 Januari 2012

CERPEN SINGKAT, JELAS DAN PADAT

CERPEN SINGKAT PADAT JELAS DAN MUDAH MUDAHAN BERMAKNA..
CARA INI CORI BUAT KARENA TERINSPIRASI DARI KUMPULAN CERPENYA MBAK ANJAR OKTAVIANI, MAKASIH MBAK.. :*

1. PENYESALAN YANG TERLAMBAT

Terpasang sejejeran bendera kuning di depan rumahku. Tangis haru menggema di rumahku, sedangkan aku, hanya bisa diam, memikirkan penyesalan yang telah terlambat. Budhe Ririn, datang dan duduk di sebelahku
Budhe: Udahlah Ta, biarkan bundamu tenang di alam sana ya..
Aku: tapi, Sinta menyesal budhe, gak pernah merasakan cinta bunda yang dulu udah bunda beri buat Sinta
Budhe: Penyesalan yang terlambat..
Mayit Bunda segera di bawa ke pemakaman setempat.
Yang tersisa, hanyalah tangisan dan penyesalan.


2. PERMEN


Di sebuah trotoar jalanan yang sudah sepi. Kesepian malam mengiringi langkah seorang gadis. Ia, berpakaian serba ketat. Leging coklat, dan T-Shirt pendek berwarna putih. Sungguh, itu adalah pakaian yang tak layak untuk dia pakai. Di simpang lampu merah, ia bertemu dengan seorang ustazah. Ustazah hanya tersenyum dengan pakaian yang gadis itu pakai, akhirnya, Ustazah itu menghampirinya.
Ustazah: Namanya siapa nak?
Gadis: Aminah Bu..
Ustazah: Astagfirullah, namamu adalah nama muslimah yang indah, tetapi kenapa pakaian mu begitu?
Gadis: (menjawab dengan santai) biasa aja bu, mode tren saat ini
Ustazah: Ndak baek loh nak..
Gadis: kenapa bu?
Ustazah: begini loh, saya mempunyai dua pemen nih (mengeluarkan permen dari kantongnya) nah.. dari salah satu permen ini, akan saya buka bungkusnya (membuka bungkus salah satu permen.) Saya lempar ya ke bawah (si ibu melempar kedua permen tersebut) kira2, kamu pilih yang mana?
Gadis: ya pasti permen yang tertutup bungkus dong bu
Ustazah: nah, itulah yang saya maksud. Liat penampilan kamu, seperti permen yang gak dibalut dengan bungkusnya, maka tak ada yang menghargainya, kalau saya, di balut dengan bungkusnya, tertutup. Apakah kamu mau dilkecehkan orang2?
Si gadis hanya bisa duduk terdiam.


(khusus cerita PERMEN, yang non muslim mungkin bisa mengambil hikmahnya, dengan memakai pakaian yang tertutup.. oke.. :D)

2 komentar: